PENGARUH WAKTU FERMENTASI DAN DOSIS RAGI TERHADAP KADAR ALKOHOL PADA FERMENTASI SARI UMBI KETELA POHON (Manihot utilissima, pohl) VARIETAS RANDU

SUGIYARTI, SUGIYARTI (2007) PENGARUH WAKTU FERMENTASI DAN DOSIS RAGI TERHADAP KADAR ALKOHOL PADA FERMENTASI SARI UMBI KETELA POHON (Manihot utilissima, pohl) VARIETAS RANDU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_-_ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV_+_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ketela pohon merupakan hasil pertanian yang secara nasional mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ketela pohon seringkali dijadikan alternatif sebagai pengganti bahan pangan pada musim kemarau dan paceklik, karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yaitu 34,6%, hal ini berpotensi sebagai alternatif dalam pembuatan alkohol. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh waktu fermentasi dan dosis ragi terhadap kadar alkohol pada fermentasi sari umbi ketela pohon (Manihot utilissima, pohl). Penelitian ini dilaksanakan di tiga tempat yaitu penelitian dilakukan di Laboratorium Kimia Fakultas Ilmu Kesehatan UMS, destilasi alkohol di Laboratorium Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS, dan Uji Alkohol di Laboratorium Kimia Fakultas Ilmu Kesehatan UMS. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial yang terdiri dari dua faktor, yaitu waktu fermentasi (9 hari, 12 hari, 15 hari) dan dosis ragi (2 g, 5 g, 8 g) dengan ulangan sebanyak tiga kali. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian 2 jalur (anava 2 jalur) dan dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test). Hasil analisis menunjukkan bahwa waktu fermentasi dan dosis ragi berpengaruh terhadup kadar alkohol sari umbi ketela pohon. Perbedaan waktu fermentasi dan dosis ragi menghasilkan kadar alkohol yang berbeda pada masing-masing perlakuan. Kadar alkohol tertinggi pada waktu fermentasi 15 hari dan dosis ragi 8 g dengun kadar alkohol sebesar 51% sedangkan kadar alkohol terendah pada waktu fermentasi 9 hari dan dosis ragi 2 g dengan kadar alkohol sebesar 14,303%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa waktu fermentasi dan dosis ragi berpengaruh terhadap kadar alkohol pada fermentasi sari umbi ketela pohon varietas randu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: waktu fermentasi, dosis ragi, kadar alkohol, sari umbi ketela pohon varietas randu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 04:39
Last Modified: 24 Mar 2011 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item View Item