PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KONDISI KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN KUNINGAN UD “TARINDO” DI JUWANA – PATI

SUKRISTIYANI, SUKRISTIYANI (2007) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KONDISI KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN KUNINGAN UD “TARINDO” DI JUWANA – PATI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dafpus.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)

Abstract

Perusahaan baik yang memproduksi barang maupun penyelenggaraan jasa adalah bentuk organisasi dengan tujuan utama untuk menghasilkan laba yang maksimal. Disamping tujuan utama tersebut, perusahaan juga mempunyai tujuan yang lainnya yaitu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, pengembangan usaha, penyedia lapangan kerja dan sebagainya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut: Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan terhadap produktivitas kerja, Apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap produktivitas kerja, Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kondisi kerja terhadap produktifitas kerja, Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan, motivasi, dan kondisi kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas tenaga kerja pada UD. TARINDO. Sampel yang dipakai 50 responden dan metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil regresi diperoleh rumus persamaan Y= -9,354 + 0,697 X1 + 0,293 X2 + 0,380 X3 + e dan hasil uji t terhadap seluruh variabel Independen diperoleh hasil t hitung > dari t tabel (2,013) dan nilai probabilitas < dari 0,05, dimana untuk variabel Kepemimpinan nilai t hitung sebesar 6,310 dan nilai probabilitas 0,000, untuk variabel Motivasi diperoleh nilai t hitung sebesar 4,195 dan nilai probabilitas 0,000, dan untuk variabel Kondisi Kerja nilai t hitung sebesar 4,226 dan nilai probabilitas 0,000. Maka berdasarkan perhitungan diatas seluruh variabel Independen (variabel bebas: Kepemimpinan , Motivasi, dan Kondisi Kerja) berpengaruh signifikan secara individu (masing-masing) terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Karyawan UD. ”TARINDO”. Maka berdasarkan hasil uji t kita ketahui bahwa faktor yang paling dominan adalah Kepemimpinan dengan nilai t hitung paling tinggi dibanding dengan faktor (variabel) lainnya. Dan berdasarkan hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 126,238 > F tabel dan nilai probabilitas 0,000. maka dapat ditarik kesimpulan seluruh variabel Independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Karyawan UD. TARINDO. Adapun dari hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,892, ini menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan, Motivasi, dan Kondisi Kerja mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel Produktivitas Tenaga Kerja Karyawan UD. TARINDO sebesar 89,2%. Sedangkan sisanya sebesar 10,8% mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak terdapat di dalam model atau tidak penulis teliti seperti variabel lingkungan, jaminan, upah dan lain sebagainya. .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Motivasi, Kondisi Kerja, dan Produktivitas Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Mar 2011 08:46
Last Modified: 23 Mar 2011 08:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item View Item