EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2006/2007

MAYASARI, FITRIA (2007) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo kelas VIIF menunjukkan bahwa pembelajaran biologi di kelas belum optimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menggunakan media komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan media komik pada materi pokok Pencemaran Lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo kelas VII tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, dan VIIF. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIIF dengan teknik pengambilan sampel purposive cluster sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-ciri tertentu yang diketahui pada observasi awal yaitu siswa pasif, jenuh, tidak memperhatikan pelajaran, tidak berminat mengikuti pelajaran, pemahaman siswa lemah, sehingga hasil belajar kurang optimal. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes yang diperoleh dengan cara memberikan post test setelah pembelajaran dengan menggunakan media komik. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,47 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,23 rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,73 dan siklus III meningkat menjadi 7,52. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah menggunakan komik pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,28 point atau 28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan komik dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,28 point atau 28%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media komik, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2011 06:05
Last Modified: 23 Mar 2011 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10952

Actions (login required)

View Item View Item