MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007

SULISTYOWATI , ETIK (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover+_Hal_depan.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2,3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_4_+5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan ceramah akan menimbulkan siswa berperilaku pasif, sehingga dibutuhkan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan pendekatan CTL pada siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono, Wonogiri tahun ajaran 2006/2007.Hipotesis atau kesimpulan sementara yaitu adanya peningkatan hasil belajar pada materi pokok keanakaragaman hayati siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jatisrono Wonogiri , dimulai dari bulan Januari- Juli 2007. Sampel penelitian siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan teknik pengumpulan sampel atau sampling Purposive Sampling.Prosedur penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, catatan lapangan, wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian siklus I aspek kognitif 5,8 dan afektif 29. Siklus II aspek kognitif 6,5 dan afektif 37,1. Siklus III aspek kognitif 7,1 dan afektif 40,7. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL sebesar 0,654 poin atau 65,45%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran CTL, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2011 05:46
Last Modified: 23 Mar 2011 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item View Item