PENGARUH LIMBAH CAIR BATIK “SOGA BERLIAN” TERHADAP TINGKAT KANDUNGAN ZAT BESI (Fe) AIR SUMUR DI LINGKUNGAN SEKITAR DESA WONOREJO

ZULIYANA, NUR (2007) PENGARUH LIMBAH CAIR BATIK “SOGA BERLIAN” TERHADAP TINGKAT KANDUNGAN ZAT BESI (Fe) AIR SUMUR DI LINGKUNGAN SEKITAR DESA WONOREJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Air sumur merupakan kebutuhan pokok bagi warga di sekitar Pabrik Batik “Soga Berlian”. Pembuangan limbah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan terjadinya pencemaran logam berat Fe terhadap sumur-sumur di sekeliling Pabrik Batik “Soga Berlian”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air sumur di sekitar Pabrik Batik “Soga Berlian” dilihat dari kandungan zat besinya (Fe). Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, kepustakaan dan eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor perlakuan tunggal yaitu kandungan besi (Fe) yang terdapat dalam limbah cair batik (kontrol) dan air sumur dengan jarak 5 m, 10 m, 15 m dan 20 m dari tempat pembuangan limbah dengan 5 kali ulangan. Hasil penelitian dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan Fe dalam limbah cair (kontrol) 3,48 mg/lt, terjadi penurunan kandungan zat besi (Fe) yang terkandung dalam air sumur dari jarak 5 m (2,58 mg/lt) hingga 20 m (0,60 mg/lt). Dari uji Anava diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 9,655 > 4,43 pada taraf signifikansi 1%, maka H0 ditolak. Sedangkan dari uji BNT menunjukkan jarak sumur 15 m tidak berbeda nyata dengan 20 m, jarak sumur 5 m berbeda nyata dengan 10 m serta jarak sumur 5 m sangat berbeda nyata dengan 15 m dan 20 m. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh limbah cair batik “Soga Berlian” terhadap tingkat kandungan zat besi (Fe) air sumur di lingkungan sekitar desa Wonorejo pada jarak 5 m dari tempat pembuangan limbah cair batik karena melebihi ambang batas baku mutu air minum yaitu 1,0 mg/lt .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: limbah cair batik, zat besi (Fe), air sumur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2011 04:57
Last Modified: 23 Mar 2011 04:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item View Item