PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006

Widyawati, Rini (2006) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
A410020019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi Grobogan tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 siswa diperoleh dari tabel Krejcie dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji independensi dan uji linearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh Fhitung= 8,8831, (2) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung=2,545, (3) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 2,738, (3) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 3,145. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, perhatian orang tua, perhatian guru matematika, aktivitas belajar, prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2011 10:00
Last Modified: 22 Mar 2011 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10931

Actions (login required)

View Item View Item