PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

HARINI , HARINI (2007) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan manusia yang menggunakan pembelajaran dengan metode questions students have dan ceramah pada siswa kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007 dan mengetaui hasil belajar yang lebih baik antara pembelajaran dengan menggunakan metode questions students have dan ceramah pada siswa kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas yaitu VIIIA – VIIID. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas VIIIC dan VIIID masing-masing terdiri dari 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan pembelajaran dengan metode questions students have dan ceramah pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/ 2007 dengan nilai rata-rata 7,363 pada metode questions students have sedangkan metode ceramah sebesar 6,525 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pebmelajaran menggunakan metode questions students have memberikan hasil yang lebih baik dibanding metode ceramah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran dengan metode questions students have, ceramah, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2011 06:19
Last Modified: 22 Mar 2011 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item View Item