CARA PENGASINAN DAN KADAR PROTEIN IKAN ASIN TERI (Stolephorus commersonii)DI REMBANG, PATI, DAN JEPARA

SARI, YUNI PERMATA (2007) CARA PENGASINAN DAN KADAR PROTEIN IKAN ASIN TERI (Stolephorus commersonii)DI REMBANG, PATI, DAN JEPARA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_i.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Protein merupakan suatu zat makanan yang amat penting bagi tubuh karena berfungsi sebagai zat pengatur dan pembangun. Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ikan asin merupakan ikan yang diawetkan dengan proses penggaraman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara pengasinan kaitannya dengan kadar protein ikan asin teri (Stolephorus commersonii) di Rembang, Pati dan Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara tentang pembuatan ikan asin di Rembang, Pati, Jepara dan menggunakan metode biuret untuk uji kadar protein ikan asin teri (Stolephorus commersonii) dari masing-masing daerah. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu data berupa angka hasil uji kadar protein dan dengan deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan tentang cara pengasinan ikan asin teri di daerah Rembang, Pati dan Jepara. Dari hasil yang didapat pengasinan ikan di setiap daerah berbeda-beda, di Rembang dengan penggaraman kering, di Pati dengan penggaraman basah, dan di Jepara dengan penggaraman yang diikuti proses perebusan. Hasil Uji kadar protein ikan asin teri (Stolephorus commersonii) di Rembang dengan penggaraman kering kadar proteinnya 28,05 g%, di Pati dengan penggaraman basah kadar proteinnya 24,07 g% dan di Jepara dengan penggaraman diikuti proses perebusan kadar proteinnya 20,97 g%. Dapat disimpulkan kadar protein ikan asin teri tertinggi adalah 28,05 g% dari daerah Rembang dengan metode penggaraman kering dan terendah sebesar 20,97 g% dari daerah Jepara dengan penggaraman yang diikuti proses perebusan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengasinan ikan asin teri (Stolephorus commersonii) di daerah Rembang, Pati, dan Jepara, kadar protein.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2011 05:41
Last Modified: 22 Mar 2011 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item