TINGKAT PENCEMARAN SUNGAI JENES DENGAN INDIKATOR BIOLOGI (Phytoplankton) DI SEKITAR INDUSTRI BATIK MERAK MANIS DESA LAWEYAN KECAMATAN LAWEYAN KOTAMADYA SURAKARTA

MUNTASYIR, HAFID SHALEH (2006) TINGKAT PENCEMARAN SUNGAI JENES DENGAN INDIKATOR BIOLOGI (Phytoplankton) DI SEKITAR INDUSTRI BATIK MERAK MANIS DESA LAWEYAN KECAMATAN LAWEYAN KOTAMADYA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat pencemaran Sungai Jenes di sekitar industri batik Merak Manis dengan menggunakan parameter biologi yaitu densitas dan diversitas phytoplankton,2) untuk mengetahui pengaruh tingkat pencemaran Sungai Jenes di sekitar industri batik Merak Manis terhadap keanekaragaman phytoplankton,3) untuk mengetahui jenis-jenis phytoplankton yang paling tahan pada limbah cair industri batik Merak Manis di sungai Jenes Desa Laweyan Kecamatan Laweyan Kotamadya Surakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2006 di laboratorium Ekologi UGM, Yogyakarta, dan laboratorium mikrofotografi FKIP UMS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah buangan limbah cair batik Merak Manis di sungai Jenes. Sampel diambil pada 3 stasiun di sepanjang sungai dekat pabrik, yaitu stasiun 1 sebelum kemasukan limbah cair batik, stasiun 2 tepat pada saluran pembuangan limbah, stasiun 3 sesudah kemasukan limbah cair batik. Penelitian ini menggunakan metode observasi yaitu pengamatan secara langsung di bawah mikroskop kemudian melakukan pemotretan phytoplankton, menghitung densitas dan indek diversitas. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan membandingkan densitas serta indek diversitas (ID) phytoplankton pada setiap stasiun. Dari analisis deskriptif kualitatif, menunjukkan karakteristik limbah cair batik Merak Manis dengan parameter densitas dan indek diversitas termasuk tercemar berat. Semakin tinggi tingkat pencemaran limbah cair batik Merak Manis yang masuk kebadan sungai Jenes, semakin sedikit jenis-jenis phytoplankton yang mampu hidup. Jenis phytoplankton yang paling tahan terhadap limbah cair industri batik Merak Manis yaitu Navicula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencemaran, limbah cair batik Merak Manis, Densitas, Indek Diversitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2011 05:32
Last Modified: 18 Mar 2011 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item