STUDI KOMPARATIF TENTANG PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS REGULER DAN KELAS AKSELERASI DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Yulihastuti, Wahyuni (2008) STUDI KOMPARATIF TENTANG PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS REGULER DAN KELAS AKSELERASI DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210060171.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar yang dicapai oleh anak kelas reguler dan kelas akselerasi di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu mendiskripsikan suatu gejala peristiwa dan kejadian pada saat sekarang serta mengungkapkan data yang telah berlangsung tanpa memanipulasi beberapa hal yaitu ada tidaknya perbedaan prestasi belajar anak kelas reguler dan kelas akselerasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua MTs Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 140 siswa. Adapun jumlah sampel untuk kelas reguler 38 siswa dan kelas akselerasi 20 siswa. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi yaitu untuk mengetahui data tentang prestasi belajar siswa antara kelas reguler dan kelas akselerasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: Terdapat perbedaan prestasi belajar anak kelas reguler dan kelas akselerasi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Tahun Pelajaran 2006/2007”. Hal ini dibuktikan oleh hasil perhitungan thitung sebesar 2,118 > 2.000. Berdasarkan hasil rata-rata dari kedua kelompok kelas, untuk kelas reguler mempunyai nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 72,84 dan untuk nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas akselerasi sebesar 78,29, ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara prestasi belajar antara kelas reguler dan kelas akselerasi, dan ternyata kelas akselerasi mempunyai rata-rata prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar kelas reguler di MTs PPMI Assalaam Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatis, Kelas Reguler, Kelas Akselerasi, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2008 03:28
Last Modified: 16 Apr 2011 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item