HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN WAKTU TANGGAP PERAWAT GAWAT DARURAT MENURUT PERSEPSI PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSU PANDAN ARANG BOYOLALI

WIDODO, PANGGAH (2007) HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN WAKTU TANGGAP PERAWAT GAWAT DARURAT MENURUT PERSEPSI PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSU PANDAN ARANG BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK1.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lembart_Kuesioner_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan pasien gawat darurat memerlukan pelayanan yang segera yaitu cepat, tepat, dan cermat untuk mencegah kematian dan kecacatan. Salah satu indikator mutu pelayanan berupa waktu tanggap. Pasien yang masuk ke IGD tidak dapat diperkirakan kondisi, jumlah dan waktunya. Rata-rata pasien setiap shif dalam 1 tahun terakhir berjumlah 18 pasien. Jumlah perawat yang ada pada suatu shif sering tidak sesuai dengan situasi dan kondisi yang harus dihadapi. Perawat IGD masih dibebani merawat pasien di ruang rawat inap tunggu yang berkapasitas 13 pasien. Perawat IGD sering mendapat keluhan bahwa pelayanan di IGD lamban, dengan demikian peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan antara beban kerja dengan waktu tanggap perawat gawat darurat menurut persepsi pasien di IGD RSU Pandan Arang Boyolali. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Korelasional dengan pendekatan secara Cross Sectional. Jumlah sampel untuk variabel beban kerja adalah 16 perawat, diambil dengan teknik total sampling. Sampel untuk variabel waktu tanggap perawat gawat darurat menurut persepsi pasien berjumlah 16 pasien, diambil dengan teknik purposive sampling. Seorang pasien yang telah mendapatkan pelayanan keperawatan menilai seorang perawat dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji statistik korelasi Product Moment. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Beban kerja perawat IGD dalam kategori berat. (2) Waktu tanggap perawat gawat darurat menurut persepsi pasien dalam kategori yang sama yaitu cepat dan lambat. (3) Ada hubungan antara beban kerja fisik dengan waktu tanggap perawat gawat darurat. (4) Tidak ada hubungan antara beban kerja psikologis dengan waktu tanggap perawat gawat darurat. (5) Tidak ada hubungan antara beban kerja sosial dengan waktu tanggap perawat gawat darurat. (6) Tidak ada hubungan antara beban kerja total (fisik, psikologis, dan sosial) dengan waktu tanggap perawat gawat darurat menurut persepsi pasien di IGD RSU Pandan Arang Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beban kerja, waktu tanggap perawat gawat darurat, persepsi pasien.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Mar 2011 03:33
Last Modified: 17 Oct 2018 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10872

Actions (login required)

View Item View Item