UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)

Mahardika, Ari (2007) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab1.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika di tinjau dari (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) kemampuan matematika melalui media pembelajaran berbasis TIK siswa kelas VIII SMP N I Comal yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang membantu pelaksana adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses tindakan berlangsung. Untuk selanjutnya diambil daya serap melalui latihan-latihan soal pada setiap putaran. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan Perhatian siswa dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 57,5%, pada putaran I 62,5%, putaran II 70%, dan putaran III 77,5%. Keaktifan siswa dalam menyelesaiakan soal dipapan tulis dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 2,5%, pada putaran I 5%, putaran II 10%, dan putaran III 12,5%. Keaktifan siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 0%, pada putaran I 2,5%, putaran II 5%, dan putaran III 7,5%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sampai daya serap kelas 80 % melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran matematika yaitu sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang memperoleh nilai � 60 sebanyak 60%, pada putaran I sebanyak 67,5%, putaran II sebanyak 77,5%, dan putaran III sebanyak 82,5%.Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pemanfaatan Teknologi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2011 06:10
Last Modified: 15 Mar 2011 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item