PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)

AYUNINGSIH, FITRI (2006) PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Latar belakang penelitian, pentingnya upaya peningkatan profesionalisme guru. Fokus permasalahan penelitian, bagaimana pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Pertanyaan penelitian : (1) Bagaimana pemberdayaan guru matematika yang dilakukan sekolah berprestasi ?, (2) Bagaimana kondisi yang ada dari mutu hasil belajar sekolah berprestasi?. Tujuan penelitian, untuk mendiskripsikan, memahami, memaknai hal-hal yang paling mendasar dalam pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatkan mutu hasil belajar. Pendekatan penelitian, kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data yaitu guru, kepala sekolah dan dokumen-dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisa data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) Pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta dari diri sendiri adalah belajar kelompok dan mandiri. Dari sekolah adalah in-service training, MGMP, seminar, dan workshop. (2) mutu hasil belajar di SMA penelitian rata-rata, (a) mutu input untuk kecenderungan asal siswa SMP Negeri dan SMP Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu proses untuk angka tinggal kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan kehadiran siswa 100%, (c) mutu output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%, tingkat kelulusan 100%, (d) mutu outcome angka melanjutkan studi 100% dan 75,8%. Kesimpulan penelitian, (1) pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta yang dilakukan guru sendiri dan didorong oleh sekolah sudah berjalan dengan baik, (2) mutu hasil belajar, (a) mutu input belum ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal. Saran-saran, untuk ikut bersaing dalam globalisasi, guru matematika dan sekolah berprestasi harus mempertahankan dan meningkatkan professionalisme guru, dengan mengikuti segala kegiatan pemberdayaan baik dengan biaya sendiri maupun dari sekolah atau pemerintah. Penelitian yang perlu diteliti lebih lanjut tentang kompetensi sosial yaitu model pengembangan kompetensi sosial melalui optimalisasi kerjasama dalam team

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, mutu input, mutu proses, mutu output, dan mutu outcome.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 05:21
Last Modified: 07 Mar 2012 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item