PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cawas Tahun Ajaran 2006/2007)

WAHYUNINGSIH , ESTY (2007) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cawas Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
lAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses belajar matematika pada umumnya dan pecahan pada khususnya, dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas. Sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling. Metode pokok yang digunakan adalah metode tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa. Data penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok. Metode ini digunakan untuk mengetahui siswa yang mengalami kesulitan belajar dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas pada pokok bahasan pecahan. Sebagai metode bantunya adalah metode observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan rumus t -test (paired sample test). Uji prasyarat yaitu u ji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada taraf signifikasi 5% dengan thitung = 3,237 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan belajar tutor sebaya terhadap prestasi belajar,karena prestasi belajar siswa yang di berikan bimbingan belajar dengan tutor sebaya lebih baik dari siswa yang di beri bimbingan selain tutor sebaya.Diperoleh tes awal ( x sebelum) = 56,45 dan rata-rata tes akhir ( x sesudah) = 73,6. Dengan penelitian ini diharapkan guru dapat mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dan dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memecahkan kesulitan belajar sehingga dapat mempenga ruhi prestasi belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan, tutor sebaya, kesulitan, prestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:48
Last Modified: 14 Mar 2011 04:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10837

Actions (login required)

View Item View Item