ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA

ROMDHONI, YULI (2007) ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Bab1)
Bab_1.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF
Babk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Kualitas jasa merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam pemilihan produk jasa yang dapat memuaskan konsumen. Tercapainya kepuasan konsumen apabila kualitas produk jasa sesuai dengan yang diingkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas jasa (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu Simpati. Penelitian dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna kartu Simpati di Yogyakarta. Sampel diambil sebanyak 100 orang dengan teknik aksidental sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, wawancaea, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian asumsi klasik, analisis regresi ganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas jasa yang terdiri dari tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu Simpati di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (19,213 > 2,29) pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 50,5%, sedangkan 49,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini terbukti dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar = 0,505. (2) Variabel reliability merupakan variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung variabel reliability terhadap kepuasan konsumen adalah paling besar (4,577) diterima pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas jasa, tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Mar 2011 09:58
Last Modified: 11 Mar 2011 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item