PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA ADMINISTRASI DAN UMUM SERTA BIAYA PEMASARAN TERHADAP HARGA JUAL PADA PT. PABELAN DI SUKOHARJO

Rochmani, Fitri (2008) PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA ADMINISTRASI DAN UMUM SERTA BIAYA PEMASARAN TERHADAP HARGA JUAL PADA PT. PABELAN DI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya administrasi dan umum serta biaya pemasaran terhadap harga jual, dan untuk mengetahui variabel mana (biaya produksi, biaya administrasi dan umum serta biaya pemasaran) yang memberi pengaruh lebih besar terhadap harga jual. Menurut tingkat explanasi atau tingkat penjelasannya, penelitian ini termasuk penelitian komparatif, sedangkan menurut jenis data analisis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data biaya produksi, data biaya administrasi dan umum, data biaya pemasaran dan data harga jual PT. Pabelan di Sukoharjo Tahun 2001-2006. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = -870536535 + 0,726 X1 + 48,356X2 + 32,734X3 Terdapat pengaruh yang signifikan variabel biaya produksi, biaya administrasi dan umum serta biaya pemasaran secara bersama-sama terhadap harga jual (Fhitung = 125,621 > Ftabel = 19,2). Secara individu terdapat pengaruh yang signifikan antara produksi terhadap harga jual, (thitung = 9,736 > ttabel 4,303), terdapat pengaruh yang signifikan biaya administrasi dan umum terhadap harga jual (thitung = 7,877 > ttabel 4,303), terdapat pengaruh yang signifikan biaya pemasaran terhadap harga jual (thitung = 6,017 > ttabel 4,303). Besarnya sumbangan efektif yang diberikan oleh biaya produksi terhadap harga jual adalah 44,2%; sumbangan efektf yang diberikan oleh biaya adminsitrasi dan umum adalah sebesar 27,7%, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan biaya pemasaran adalah 27,6% dan besarnya sumbangan relatif untuk biaya produksi adalah sebesar 44,42%; sedangkan untuk biaya administrasi dan umum adalah sebesar 27,84%, dan sumbangan relatif untuk variabel biaya pemasaran terhadap harga jual adalah sebesar 27,74%. Hasil nilai koefisien beta menunjukkan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap harga jual adalah variabel biaya produksi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: biaya produksi, administrasi dan umum, pemasaran, harga jual.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jul 2008 06:47
Last Modified: 31 Jan 2011 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item