PURWATI, PURWATI (2007) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (bab.1)
bab.1.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (hal.depan)
hal.dep.pdf Download (192kB) |
|
PDF (full texs)
A410020002.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang meliputi keaktifan, perhatian dan kemandirian belajar siswa meningkat mencapai 82,76 %. Disamping itu hasil belajar siswa juga meningkat mencapai 82,76 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan humanistis dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi-belajar, pembelajaran-matematika, pendekatan-humanistis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 11 Mar 2011 08:45 |
Last Modified: | 11 Mar 2011 08:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10790 |
Actions (login required)
View Item |