HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

AYUNINGTYAS , ATIKA (2007) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A_COVER_+Hal_Depan.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B_BAB_1.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
C_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
D_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV, Bab V dan Daftar Pustaka)
E_BAB_IV+V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
F2_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Cilacap kelas 1 tahun ajaran 2006/2007 dengan populasi 240 siswa, sampel penelitian ini 41 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling terhadap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda dengan dua prediktor. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, keberartian dan independensi. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5 % dapat diketahui: 1) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,613, 2) ada hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,605, 3) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan Fhitung = 5,979. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor adalah sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif pemahaman operasi hitnug (SR) = 50,2 % dan sumbangan efektif (SE) = 12,01 %. 2) Sumbangan relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 49,8 % dan sumbangan efektif (SE) = 11,93 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: operasi hitung, model matematika, soal cerita matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:21
Last Modified: 11 Mar 2011 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item