PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA

WIDYASTUTI, NANI (2006) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
daftar.pustaka.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (full texs)
full_texs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar, 5) untuk mengetahui pengaruh kepuasan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kartasura kelas I tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 262 siswa. Sampel penelitian ini 131 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,514, 2) terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,551, 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,465, 4) terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,507, 5) terdapat hubungan kepuasan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,692 dan R2 = 0,558. Peneliti selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dan kepuasan belajar sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, interaksi sosial, kepuasan belajar, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Mar 2011 09:17
Last Modified: 10 Mar 2011 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item