PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

PARTONO , PARTONO (2007) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_try_out.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2) mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak tahun pelajaran 2006/2007. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas VII F yang diambil menggunakan teknik random cluster sampling. Pengambilan data pemanfaatan lingkungan sekitar dan motivasi belajar siswa menggunakan metode angket, sedangkan data prestasi belajar siswa dengan metode tes. Data dianalisis menggunakan regresi linier ganda yang didahului dengan menguji persyaratannya. Hasil penelitian ini adalah: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,370 pada signifikansi 5%, (2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,254, (3) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai Fhitung sebesar 4,300 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,320 pada signifikansi 5%, dan koefisien korelasi R12y = 0,434; dan (4) sumbangan efektif variabel pemanfaatan lingkungan kelas sebesar 10,03% sedangkan variabel motivasi belajar siswa sebesar 8,83%, dengan demikian pemanfaatan lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar matematika siswa dibandingkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan lingkungan sekitar kelas, motivasi belajar, dan prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2011 05:22
Last Modified: 10 Mar 2011 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item