PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)

ISLAMIYAH , NURUL (2007) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A._Halaman_depan.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
C._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
D._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
E._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
F._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
H._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Subyek penelitiannya adalah guru matematika kelas V SD 3 Al-Islam Gebang Surakarta yang bertindak sebagai subyek yang memberi tindakan, Kepala sekolah bertindak sebagai subyek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas V tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 45 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa yang meliputi komunikasi siswa dengan guru dan komunikasi siswa dengan siswa. Komunikasi matematika siswa dengan guru meningkat dengan aspek-aspek yang diamati yaitu, 1).Keaktifan siswa bertanya kepada guru pada putaran I sebesar 53,33 %, putaran II sebesar 66,67 %, dan putaran III sebesar 82,22%, 2). Keaktifan siswa menjawab pertanyaan guru dengan mengkomunikasikan ide yang dimiliki pada putaran I sebesar 37,78 %, putaran II sebesar 48,89 %, dan putaran III mencapai sebesar 66,67%; 3). Keaktifan siswa mempresentasikan jawaban didepan kelas pada putaran I sebesar 42,22 %, putaran II sebesar 62,22 %, dan putaran III sebesar 75,56%. Komunikasi matematika siswa dengan siswa mengalami peningkatan dengan aspek-aspek yang diamati yaitu, 1). Keaktifan siswa berdiskusi dengan kelompok pada putaran I sebesar 55,56 %, putaran II sebesar 68,89 %, dan putaran III sebesar 77,78%, 2) Keaktifan siswa mengkomunikasikan ide yang dimiliki dalam kelompok pada putaran I sebesar 57,78 %, putaran II sebesar 68,89 %, dan putaran III sebesar 73,33%, 3). Kemampuan siswa mengerjakan soal latihan pada putaran I sebesar 48,89 %, putaran II sebesar 66,67 %, dan putaran III sebesar 77,78%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model investigasi kelompok dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematika, model pembelajaran investigasi kelompok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2011 04:49
Last Modified: 10 Mar 2011 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item