PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PETA KONSEP (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG)

Budiyanti, Ana Rahmi (2007) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PETA KONSEP (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan peta konsep. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG sebagai subyek pemberi tindakan. Kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Siswa kelas VI SD 3 AL-Islam Gebang, Surakarta tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada putaran I sebanyak 12 siswa (34,29%), pada putaran II sebanyak 20 siswa (57,14%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 27 siswa (77,14%), kemamdirian siswa pada putaran I sebanyak 11 siswa (31,43%), pada putaran II sebanyak 16 siswa (45,71%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 23 siswa (65,71%), serta peningkatan kemampuan siswa pada putaran I sebanyak 13 siswa (37,14%), pada putaran II sebanyak 22 siswa (62,86%) dan pada putaran III meningkat sebanyak 26 siswa (74,29%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan peta konsep dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, keaktifan, kemandirian, kemampuan siswa, pendekatan peta konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2011 03:37
Last Modified: 20 Nov 2019 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item