MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)

KUR’AEVI , KUR’AEVI (2007) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_KUR'AEVI.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Kur'aevi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, memahami dan memaknai manajemen pembelajaran matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data: guru dan dokumen- dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta member check. Teknik analisis data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) manajemen pembelajaran matematika di SMA tempat penelitian (a) perencanaan penbelajaran, meliputi program tahunan, program semester, program modul, program harian dan mingguan, program pengayaan dan remidial, kecuali di SMA N 1 tidak ada program modul, (b) pelaksanaan pembelajaran, dalam membuka pelajaran sudah berusaha menciptakan pra kondisi belajar siswa, kegiatan pengembangan pembelajaran tercipta interaksi antara siswa dan guru yang harmonis, dalam menutup pelajaran diberikan pos test dan PR, (c) penilaian pembelajaran diterapkan penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang saling berkesinambungan, (d) pengawasan pembelajaran dari kepala sekolah di SMA N 1sebanyak satu kali dalam satu semester dan di SMA Al-Islam sebanyak satu kali dalam dua smester, dilakukan diluar kelas serta ada umpan balik berupa bimbingan dan penyuluhan. (2) mutu hasil belajar di SMA tempat penelitian rata- rata, (a) mutu input kecenderungan untuk asal siswa SMP Negeri dan SMP Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu proses untuk angka tinggal kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan kehadiran siswa 100%, (c) mutu output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%, tingkat kelulusan 100%, (d) mutu outcome angka melanjutkan studi 100% dan 75,8%. Kesimpulan, (1) manajemen pembelajaran, (a) perencanaan penbelajaran yang dibuat sudah memenuhi kebutuhan, (b) pelaksanaan pembelajaran sebagian besar sudah terlaksana sesuai perencanaan, (c) penilaian pembelajaran yang diterapkan belum optimal, (d) pengawasan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal, (2) mutu hasil belajar, (a) mutu input belum ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, supervisi, mutu input, mutu proses, mutu output, mutu outcome.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2011 10:07
Last Modified: 09 Mar 2011 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10766

Actions (login required)

View Item View Item