PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KARAKTERISTIK GURU MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SMP NEGERI I MONDOKAN TAHUN AJARAN 2006/2007

Setiani, Ambar (2007) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KARAKTERISTIK GURU MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SMP NEGERI I MONDOKAN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab Iv dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsisiswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N I Mondokan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2006 / 2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa diperoleh dari tabel krejcie dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linear yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linearitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan (1) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika,dengan Fhitung = 5,754 (2) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang karakteristik guru terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,509 (3) terdapat pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,215. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, karakteristik guru, Motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2011 09:51
Last Modified: 09 Mar 2011 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10760

Actions (login required)

View Item View Item