PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)

NURHAYATI, ANITA (2007) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Nita-cover.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Nita_1.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
Nita_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
Nita_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
Nita-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
Nita-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Nita-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
Nita-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Semester 1 Tahun Ajar 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sempel penelitian sebanyak 80 siswa diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) metode angket digunakan untuk menggumpulkan data yang berupa skor angket perhatian orang tua dan lingkungan belajar (2) metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai tes semester 1 untuk prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji keberartian dan uji independensi, setelah uji prasarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Dari hasil pengujian hipotesis dengan α =5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung= 2,456 (2) terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 3,740 (3) terdapat pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar matematika dengan thitung= 9,639 (4) didapat R=0,3426 artinya pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar sebesar 34,26% sisanya dipengaruhi oleh faktor luar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, perhatian, orang tua, lingkungan, prestasi, belajar, matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2011 05:39
Last Modified: 09 Mar 2011 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item View Item