MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel)

NINGSIH, ATIK BUDI (2007) MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a)_cover__+_awalan.PDF

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui langkah-langkah pembelajaran melalui problem posing , 2) Meningkatkan kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kemampuan verbal siswa dalam memahami soal meningkat dari 5,5 % menjadi 89,2 % pada akhir siklus, (2) kemampuan verbal siswa dalam mengajukan soal meningkat dari 0 % menjadi 72,9%, (3) kemampuan verbal siswa dalam mengerjakan soal meningkat dari 13,8 % menjadi 85,7% dan (4) hasil belajar siswa meningkat dari 13,8 % menjadi 54,9 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan problem posing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan verbal, problem posing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2011 05:31
Last Modified: 09 Mar 2011 05:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item