PENGARUH KEMAMPUAN AWAL, MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen)

WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH (2007) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL, MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
C._BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
D._BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
E._BAB_IV_DAN_V_ANALISIS_DATA_DAN_KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
F._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
G._LAMPIRAN_ANGKET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sukodono tahun ajaran 2006 / 2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 237 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linear yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh kemampuam awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 85.096, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap pretasi belajar matematika dengan thitung = 10.648, (3) terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.084, (4) terdapat pengaruh kemampuam berhitung terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.481. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan awal, Minat belajar, Kemampuan berhitung, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2011 09:46
Last Modified: 09 Mar 2011 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10741

Actions (login required)

View Item View Item