PENGARUH SENAM UNTUK MENCEGAH NYERI PINGGANG TERHADAP FLEKSIBILITAS LUMBAL PADA LANSIA DI ORGANISASI WANITA ISLAM KELURAHAN SRIWEDARI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA

RATNAWATI, HANIF PUTRI (2010) PENGARUH SENAM UNTUK MENCEGAH NYERI PINGGANG TERHADAP FLEKSIBILITAS LUMBAL PADA LANSIA DI ORGANISASI WANITA ISLAM KELURAHAN SRIWEDARI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
J110050033.pdf

Download (91kB)
[img] PDF
J110050033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Lansia atau lanjut usia adalah bagian dari proses tumbuh kembang yang berkembang dari anak-anak, dewasa dan akhirnya menjadi tua. Lansia bukan merupakan suatu penyakit tetapi merupakan tahap lanjut dari dari proses kahidupan yang ditandai oleh penurunan kemampuan tubuh. Salah satu akibat dari penurunan kemampuan tubuh yaitu perubahan kemampuan otot maupun pada daerah persendian, terutama sering di jumpai pada daerah pinggang (Lumbal) dimana terjadi penurunan elastisitas dan fleksibilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam untuk mencegah nyeri pinggang terhadap fleksibilitas lumbal pada lansia. Tempat penelitian dilaksanakan di Organisasi Wanita Islam Kelurahan Sriwedari Kecamatan Laweyan Kota Surakarta selama 4 minggu. Metode penelitian adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian pre end post test desaign. Sampel terdiri dari 44 responden dari 120 jumlah populasi lansia yang ada. dengan penarikan responden dengan metode purposive sampling. Untuk mengetahui pengaruh senam untuk mencegah nyeri pinggang terhadap fleksibilitas lumbal pada lansia menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Dari hasil pengujian, diambil kesimpulan dari penelitian adalah ada pengaruh senam untuk mencegah nyeri pinggang terhadap fleksibilitas lumbal pada lansia (P= 0,000). Dengan demikian terjadi penambahan fleksibilitas lumbal pada lansia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: senam pencegahan nyeri pinggang, fleksibilitas lumbal, lansia
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 08 Mar 2011 09:51
Last Modified: 08 Mar 2011 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item