STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

PRASETYONO, EKO (2007) STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A._Pendahuluan.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II - III)
BAB_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV - V)
Bab_IV_-_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung pada bentuk aljabar yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, sedangkan sampelnya berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok kontrol dan 40 siswa sebagai kelompok eksperimen. Kemudian diuji keseimbangannya melalui uji t dengan menggunakan nilai ulangan setelah diketahui seimbang dilakukan pembelajaran pada kedua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan t tes. Berdasarkan perhitungan t tes dengan taraf signifikansi α = 5% diperoleh thitung = 2,030 sedangkan ttabel = 1,991. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif dengan penilaian portofolio dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelompok eksperimen = 6,108 dan kelompok kontrol = 5,688, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini memberikan implikasi bahwa metode pembelajaran kooperatif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kooperatif, portofolio, konvensional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2011 09:22
Last Modified: 08 Mar 2011 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item