EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODUL SEBAGAI PELENGKAP PENGAJARAN TERPROGRAM PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007

SUPARTINI, TUTIK (2007) EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODUL SEBAGAI PELENGKAP PENGAJARAN TERPROGRAM PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II - III)
BAB_II_-_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV - V)
BAB_IV_-_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Matematika bagi siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pengajaran terprogram yang dilengkapi modul dengan metode klasikal dan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa SMP kelas VIII dengan menggunakan pengajaran terprogram dilengkapi modul lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode klasikal. Tempat penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimentasi dengan random sampling berkelompok (cluster random sampling). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen yang berjumlah 280 yang terbagi menjadi 7 kelas. Sample terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII F berjumlah anak 40 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G yang berjumlah 40 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen dan tes. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran terprogram tipe cabang yang dilengkapi modul dengan siswa yang diberi pengajaran metode klasikal, hal ini ditunjukkan oleh thitung = -2,321 dengan taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata siswa yang diberi pengajaran terprogram tipe cabang yang dilengkapi modul sebesar 7,31 dan nilai rata-rata siswa yang diberi pengajaran klasikal sebesar 6,73. Dari hasil perhitungan tersebut menyatakan bahwa pengajaran terprogram yang dilengkapi modul lebih baik hasil belajarnya dibandingkan penggunaan pengajaran metode klasikal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2011 08:29
Last Modified: 08 Mar 2011 08:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item