HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA

WULANDARI, DIANA (2007) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DIANA_COVER.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Bab III)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Bab IV)
DIANA_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran I)
DIANA_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
lamp.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. 3) Untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 4) Untuk mendeskripsikan pola hubungan antara minat baca dan penguasaan kosa kata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa Kelas IX SMP MIS Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data minat baca, sedangkan metode tes dipakai untuk memperoleh data penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan rumus uji F dan uji t, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan uji independensi. Setelah dilakukan uji prasyarat tidak ada permasalahan, kemudian dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007, maka dapat dinyatakan bahwa regresi tersebut benar-benar positif dan sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak. Ini berarti minat baca dan penguasaan kosakata dapat dijadikan prediktor dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 2) Ada hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat minat baca akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 3) Ada hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2011 10:20
Last Modified: 07 Mar 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item