PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005

PRASETYOWATI , NUNUNG (2006) PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (313kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) bentuk-bentuk gaya bahasa yang terdapat dalam iklan tabloid NYATA yang ditinjau dari struktur kalimatnya dan gaya bahasa yang ditinjau dari langsung tidaknya makna, (2) karakteristik gaya bahasa yang terdapat pada iklan tabloid NYATA. Sumber data dalam penelitian ini adalah tabloid NYATA. Data yang diperoleh adalah semua iklan yang terdapat gaya bahasa yang ada pada tabloid NYATA. Penelitian ini menggunakan iklan yang terdapat pada tabloid NYATA yang jumlahnya sebanyak 36 data. Penelitian ini menggunakan teknik simak yaitu menyimak penggunaan bahasa. Teknik ini digunakan untuk menyimak langsung data yang akan diteliti kemudian dilakukan teknik catat yaitu melakukan pencatatan. Penelitian ini menggunakan metode agih dalam analisis data, yaitu suatu metode yang alat penentunya bahasa, yang menjadi sasaran penelitian. Teknik yang digunakan adalah teknik lanjutan, diantaranya teknik lesap, teknik perluas dan teknik ganti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang digunakan dalam iklan tabloid NYATA berdasarkan struktur kalimatnya, gaya bahasa yang digunakan meliputi gaya bahasa klimaks, anti klimaks, paralelisme, antitesis dan repetisi. Sedangkan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna dibagi menjadi dua bagian yaitu gaya bahasa retoris yang terdiri dari gaya bahasa aliterasi, asonasi, asidenton, elipsis dan hiperbola. Gaya bahasa yang kedua yaitu gaya bahasa kiasan terdiri dari persamaan (simele), personifikasi (prosepoptei), metonimia. Karakteristik gaya bahasanya meliputi (1) semua perangkat bahasanya disusun, diatur dan digunakan dengan seefisien-efisiennya agar mampu menyampaikan maksud yang dikehendaki, (2) kata-kata yang digunakan banyak macam ragamnya, (3) kalimatnya disusun dengan sebaik- baiknya sesuai dengan tata bahasa Indonesia agar jangan menimbulkan salah paham, kesamaran dan keragu-raguan, (4) pembentukan kata dilakukan dengan cermat sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku dalam bahasa umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, iklan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2011 05:17
Last Modified: 07 Mar 2011 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item