PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN

RACHMIWATY , NITY (2007) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1_Ni.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Bab Lengkap)
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antar siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan dan untuk mengetahui lebih baik hasil belajar matematika siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat atau siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan. Data dikumpulkan melalui metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksnakan di SMP Negeri 3 Tasikmadu Kabupaten Karanganyar pada kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing kelas berjumlah 43 siswa. Dengan menggunakan sampel kelompok (cluster sampling) dapat diketahui hasil ukur setiap kelompok sampel dan hasil ukur seluruh sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pendekatannya dimulai dengan berpikir dedutif untuk menurunkan hipotesis, kemudian melakukan pengujian di lapangan. Analisis data untuk mendapatkan hasil hipotesis diterima dengan uji t-test.Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan. 2) Nilai rata-rata siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat mencapai 60,23, sedangkan nilai rata-rata siswa yang ulangan hariannya diberi pembahsan hanya mencapai 49,81. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat lebih baik daripada siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, ulangan harian, respon penguat, pembahasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2011 09:37
Last Modified: 28 Feb 2011 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item