UMS ETD-db

PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PREMI PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMI PUTERA 1912 KABUPATEN PACITAN

Mulatsih, Tri (2008) PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PREMI PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMI PUTERA 1912 KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

346kB

Abstract

Informasi akuntansi sangat penting bagi nasabah karena digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk membayar premi atau tidak. Premi asuransi yang diterima oleh perusahaan asuransi dilakukan melalui penagihan atau pembayaran langsung oleh nasabah, maka dari itu perusahaan dan nasabah memerlukan informasi akuntansi yang berguna bagi kedua belah pihak, guna ketepatan dalam pembayaran premi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh informasi akuntansi terhadap efektivitas pembayaran premi. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini berlokasi di Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Kabuaten Pacitan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Kabuaten Pacitan. Sampel diambil sebanyak 120 orang dengan teknik combined sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa: informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap efektivitas pembayaran premi pada PT. Asuransi Bumi Putera 1912 Rayon Pacitan. Hal ini terbukti dari hasil pengujani hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana memperoleh Fhitung sebesar 51,934 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh informasi akuntansi terhadap efektivitas pembayaran premi termasuk dalam kategori cukup besar, hal ini terbukti dari hasil uji koefisien determinasi yang memperoleh nilai R2 sebesar = 0,306. Nilai R2 tersebut menunjukkan bahwa besar pengaruh informasi akuntansi terhadap efektivitas pembayaran premi adalah sebesar 30,6%, sedangkan 69,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A210010024.
Uncontrolled Keywords:informasi akuntansi, efektivitas pembayaran premi
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
ID Code:106
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:11 Jul 2008 06:33
Last Modified:31 Jan 2011 03:20

Repository Staff Only: item control page