PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI KERJA PADA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN SUKOHARJO

HENDRIYANTO, HENDRIYANTO (2007) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI KERJA PADA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB1.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
05_Daftar_Pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab Komplit)
komplt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Prestasi kerja merupakan salah satu aspek penentu pencapaian tujuan suatu perusahaan atau instansi. Peningkatan prestasi kerja dapat dicapai melalui pemenuhan aspek aspek kritis yang merupakan penentu keberhasilan kerja karyawan atau pegawai. Prestasi kerja dapat dipengaruhi banyak faktor antara lain: gaya kepemimpinan dan tipe komunikasi yang diterapkan dalam perusahaan atau instansi tersebut. Maka peneliti mengambil judul “Pengaruh kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonalterhadap prestasi kerja pada Pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan masalah dari penelitian ini adalah ”Apakah kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap prestasi kerja dan faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo”. Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal terhadap peningkatan prestasi kerja pada pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo, 2) Untuk mengetahui faktor manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap peningkatan prestasi kerju pada pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo. Kemudian hipotesa dari penelitian ini adalah diduga bahwa kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap peningkatan prestasi kerja pada Pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo dan faktor yang berpengaruh paling dominan adalah kepemimpinan transformasional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan “purposif sampling” yaitu mengambil sempel berdasarkan criteria tertentu..Alat analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan uji asumsi klasik. Hasil dari analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = + X + X + e 1 2 12,661 0,458 0,332 diperoleh hitung t masing-masing variabel kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal sebesar (3,331 dan 3,332) > tabel t (2,012) yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Secara bersama-sama variabel independen mempunyai hitung F (16,138) > tabel F (3,195) berarti secara bersama-sama kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Dan didapat R2 sebesar (0,407) berarti kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal menjelaskan prestasi kerja sebesar 40,7% dan sisanya 59,3% dijelaskan oleh variabel lain. Dan dari pengujian asumsi klasik membuktikan tidak ada penyimpangan asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa variabel kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Dan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi kerja adalah kepemimpinan transformasional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional,komunikasi,interpersonal, prestasi kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Feb 2011 09:09
Last Modified: 25 Feb 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10590

Actions (login required)

View Item View Item