GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME

RATNAWATY, RATNAWATY (2007) GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
C.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAF.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk gaya bahasa personifikasi dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, 2) Makna gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, dan 3) Pola Penggayaan gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam iklan parfum di Brosur Avon dan Oriflame. Objek penelitian dalam skripsi ini berupa tuturan personifikasi dalam bahasa iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yakni teknik catat, yaitu mencatat gaya bahasa personifikasi pada iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame pada kartu data. Teknik lanjutan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik ganti, yaitu dengan menggantikan unsur-unsur tertentu satuan lingual tertentu. Dalam menganalisis data menggunakan metode agih yaitu metode yang alat penentunya merupakan bagian dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) di dalam brosur Avon dan Oriflame khususnya iklan parfum sering menggunakan gaya bahasa personifikasi untuk menggambarkan atau memberikan karakter tersendiri pada bagian-bagian yang berhubungan dengan parfum, (2) dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame ditemukan bentuk-bentuk gaya bahasa personifikasi yang seharusnya dilekatkan kepada manusia, (3) bentuk-bentuk gaya bahasa personifikasi diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun berdasarkan kalimat-kalimat yang mengikutinya, (4) pola penggayaan gaya bahasa personifikasi dikelompokkan menjadi: (a) melakukan ‘tindakan’, dan (b) melakukan ‘perbuatan’.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: personifikasi, pola penggayaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2011 09:29
Last Modified: 24 Feb 2011 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item View Item