PENGARUH LATIHAN SOAL-SOAL DAN PENUGASAN DALAM PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SMK PGRI DONOROJO PACITAN TAHUN AJARAN 2003/2007

Wibowo, Arif (2007) PENGARUH LATIHAN SOAL-SOAL DAN PENUGASAN DALAM PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SMK PGRI DONOROJO PACITAN TAHUN AJARAN 2003/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
BAB_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_4_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Lampiran)
Correlations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh metode latihan soalsoal dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh metode penugasan dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh latihan soal-soal dan penugasan dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK PGRI Donorojo Pacitan tahun pelajaran 2006/ 2007. Penelitian ini dilaksanakan dikelas II SMK PGRI Donorojo Pacitan Semester I tahun pelajaran 2005/2006. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II yang terdiri atas 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara random sampling. Teknik analisis dengan Analisis Statistik Regresi Berganda. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan-latihan soal-soal dan penugasan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang memperoleh Fhitung > Ftabel 5,476>3,15). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa ada pengaruh positif latihan soal-soal terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel (2,031>1,991) pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa ada pengaruh positif penugasan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel (2,615>1,991) pada taraf signifikansi 5%. Artinya tinggi rendahnya prestasi belajar siswa ditentukan pula oleh tinggi rendahnya tingkat pengerjaan tugas. Semakin tinggi penugasan yang dilakukan siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelajaran akuntansi, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Feb 2011 03:56
Last Modified: 24 Feb 2011 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item