DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)

Rifai, Muhammad (2010) DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100020106.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
TA_KESELURUHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Semakin berkembangnya suatu daerah menuntut suatu aktifitas yang serba cepat, salah satu diantaranya adalah kota Surakarta dan Jogjakarta. Guna mendukung pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain, dibutuhkan adanya suatu moda transportasi pendukung yang dapat mengakomodir keinginan masyarakat dalam memilih moda transportasi. Penggunaan kendaraan umum yang bersifat masal akan lebih efektif dalam hal pemanfaatan ruang jalan dibandingkan dengan kendaraan pribadi, karena dapat memindahkan orang dalam kapasitas angkut yang besar dalam sekali jalan. Untuk lebih memasyarakatkan penggunaan kendaraan umum perlu adanya perbaikan dan peningkatan atribut pelayanan, salah satu diantaranya dengan menyediakan moda transportasi cepat untuk rute Surakarta – Jogjakarta. Saat ini terdapat 11 PO. yang melayani angkutan rute Surakarta – Jogjakarta maupun sebaliknya, yang kesemuanya melayani angkutan kelas ekonomi dengan PO. Suharno salah satu diantaranya. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengumpulkan data-data yang menunjang, baik data primer maupun sekunder. Data-data primer meliputi data karakteristik penumpang bus, data karakteristik bus, load factor dan data alternatif pilihan responden, sedangkan data-data sekunder meliputi rute angkutan, jumlah kendaraan dan komponen biaya operasional kendaraan (BOK). Dari hasil analisis penelitian didapat biaya operasional kendaraan bus reguler (PO. Suharno) antara lain : BOK per bus-km sebesar Rp. 4.050.79, load factor statis sebesar 71,51% seangkan load factor dinamisnya sebesar 123,22%. Tarif lapangan saat ini (2010) untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta sebesar Rp. 9.000,. Tarif menurut suvai load factor dan BOK berdasarkan stage sebesar Rp. 8.700,18, sedangkan berdasarkan flat tarifnya sebesar Rp. 5.049,02 untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta. BOK patas AC untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta dan sebaliknya sebesar Rp. 5.282,98 per bus-km, dengan load factor statis rata-rata sebesar 70,16% dan load factor dinamis rata-ratanya sebesar 89,86%. Dari hasil analisis perhitungan didapat tarif berdasarkan stage untuk bus patas AC tujuan Surakarta – Jogjakarta sebesar Rp. 14.253,95, untuk tujuan Surakarta – klaten sebesar Rp. 7.512.18, untuk tujuan klaten – jogja sebesar Rp. 6.741.40,. kemudian besarnya tarif bila dihitung flat adalah sebesar Rp. 10.389,. Tarif menurut pemintaan penumpang (demand) dengan metode stated preference adalah Rp. 11.000,. karakteristik bus patas AC rencana : waktu perjalanan dari terminal asal ke terminal tujuan sebesar 1,4 jam, kemungkinan duduk 100%, terdapat fasilitas AC, dengan headway rata-rata sebesar 5,94 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 38 unit dengan kapasitas 43 tempat duduk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alternatif Atribut, Analisis, Biaya Operasional Kendaraan, Load Factor, Permintaan Demand, Stated Preference, Tarif.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2011 05:03
Last Modified: 23 Feb 2011 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10529

Actions (login required)

View Item View Item