PENGAKUAN ATAS PENDAPATAN DAN BEBAN DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI JASA ANGKUT TANJUNG INTAN DI KABUPATEN PEMALANG

APRILIANI, ANGGRAINI TRI (2007) PENGAKUAN ATAS PENDAPATAN DAN BEBAN DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI JASA ANGKUT TANJUNG INTAN DI KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_PENDAHULUAN.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II - V)
Bab_II_-_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
03_PENUTUP.pdf

Download (77kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengakuan pendapatan dan beban dalam penyajian laporan keuangan yang dilakukan oleh Koperasi Jasa Angkut Tanjung Intan di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini digunakan dengan menggunakan metode komparatif, antara metode kas dan metode akrual Sementara itu pencatatan pendapatan dan beban pada Koperasi Tanjung Intan masih menggunakan cash basis dengan pertimbangan resiko kegagalan pelunasan piutang. Pencatatan pengakuan pendapatan dan beban berdasarkan cash basis ini kurang tepat dengan standar akuntansi keuangan karena pendapatan dan beban tidak tidak diakui dalam periode yang seharusnya. Sehingga selama ini Koperasi Tanjung Intan berdasarkan data primer yang diperoleh penulis dari koperasi tersebut tidak menggambarkan keakuratan dalam memberikan informasi keuangan. Dengan menggunakan accrual basis lebih tepat dari pada cash basis dalam mengakui pendapatan dan beban yang selama ini digunakan oleh koperasi. Dengan accrual basis transaksi dicatat dan dilaporkan pada kejadian dan bukan pada saat kas dibayar (diterima). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa Koperasi Tanjung Intan selama ini menerapkan cash basis dalam pengakuan pendapatan dan beban kurang tepat dengan standar akuntansi keuangan, sehingga accrual basis lebih tepat digunakan dalam pengakuan pendapatan dan beban. Apabila accrual basis diterapkan dalam koperasi, maka hal ini akan membawa pengaruh dalam penyajian laporan keuangan. Dengan demikian laporan keuangan dapat memberikan informasi keuangan yang akurat tentang posisi keuangan koperasi sehingga dapat bermanfaat bagi para pemakainya untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendapatan, beban, cash basis, accrual basis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2011 09:22
Last Modified: 22 Feb 2011 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item View Item