ANALISIS TUTURAN ‘MAAF’ DALAM TINDAK TUTUR MPOK MINAH PADA SINETRON KOMEDI BAJAJ BAJURI EDISI NARIK LAGI: KAJIAN PRAGMATIK

SAIFUDIN, M. FAKHRUR (2007) ANALISIS TUTURAN ‘MAAF’ DALAM TINDAK TUTUR MPOK MINAH PADA SINETRON KOMEDI BAJAJ BAJURI EDISI NARIK LAGI: KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_srkipsi.pdf

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)

Abstract

Dalam menyampaikan informasi, sesorang harus memperhatikan jalur yang digunakan, yaitu dengan jalur lisan atau tertulis, masing-masing jalur memiliki cara- cara tersendiri. Kajian tindak tutur dikembangkan untuk mengamati dan mengeksplorasi bahasa lisan atau percakapan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan ragam tindak tutur, implikatur, dan pelanggaran prinsip kerja sama yang ditimbulkan dari tuturan ‘maaf’ Mpok Minah dalam sitkom Bajaj Bajuri edisi Narik Lagi. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yang berupa teknik catat dan rekam. Data tersebut dipilih dan dipilah selanjutnya, ditranskripsi ke dalam bahasa tulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, setelah data terkumpul dianalisis dengan metode padan dengan teknik lanjutan hubung, banding, menyamakan pokok dan metode agih dengan teknik lanjutan substitusi dan lesap. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam penggunaan tindak tutur Mpok Minah menggunakan ragam tuturan lokusi, ilokusi dan perlokusi. Implikatur tuturan ‘maaf’ memungkinkan banyaknya tuturan yang tidak terbatas jumlahnya. Pelanggaran maksim-maksim dalam prinsip kerja sama menghiasi dalam setiap tuturan Mpok Minah antara lain pelanggaran maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, ragam tuturan, implikatur, prinsip kerja sama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2011 03:34
Last Modified: 19 Feb 2011 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item View Item