PENGARUH PERAWATAN BAYI LEKAT TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN PADA BAYI DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Wahyuni, Sri (2010) PENGARUH PERAWATAN BAYI LEKAT TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN PADA BAYI DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210080512.PDF

Download (43kB)
[img] PDF
J210080512.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)

Abstract

Perawatan ibu dan bayi merupakan faktor yang secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan dan status gizi bayi. Metode perawatan konvensional, bayi berat lahir rendah (BBLR) memerlukan inkubator atau bahkan radiant heater untuk mencegah hipotermi, tetapi kedua alat tersebut relatif mahal dan rumit dalam pemeliharaan, sehingga dikembangkan cara perawatan bayi lekat (PBL) yaitu suatu cara perawatan adanya kontak kulit ke kulit dengan melekatkan bayi di dada ibunya yang ternyata dapat membantu menstabilkan suhu tubuh dan memperbaiki keadaan umumnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perawatan bayi lekat terhadap peningkatan berat badan pada bayi dengan berat lahir rendah di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian menggunakan metode eksperimental semu atau Quasi eksperimental dengan rancangan pre test – post test design. Penelitian dilaksanakan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta di ruang NICU. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel 21 responden. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Anava. Hasil pengujian Anava menunjukkan F hitung sebesar 50,40 dengan p-value 0,000, sehingga Ho ditolak. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh perawatan bayi lekat terhadap peningkatan berat badan pada bayi dengan berat badan lahir rendah di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dan (2) perawatan bayi lekat yang paling efektif dalam meningkatkan berat badan pada bayi dengan berat badan lahir rendah adalah tiap 6 jam sekali. Kata kunci: BBLR, perawatan bayi lekat, peningkatan berat badan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BBLR, perawatan bayi lekat, peningkatan berat badan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 18 Feb 2011 09:23
Last Modified: 18 Feb 2011 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item View Item