INTERAKSI SOSIAL, RASA TANGGUNG JAWAB DAN POLA BELAJAR SISWA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN DI DELANGGU

LESTARI, SRI (2007) INTERAKSI SOSIAL, RASA TANGGUNG JAWAB DAN POLA BELAJAR SISWA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN DI DELANGGU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFT_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial, rasa tanggung jawab dan pola belajar terhadap prestasi belajar akuntansi baik secara parsial maupun serentak pada SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan 3 variabel bebas yaitu interaksi sosial (X1), rasa tanggung jawab (X2) dan pola balajar siswa (X3) serta prestasi belajar akuntansi sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI semester ganjil SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu yang berjumlah 68 siswa. Sampel yang digunakan adalah 58 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Dari hasil analisis regresi sederhana diperoleh bahwa (1) Terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (5,515) > ttabel (1,960) dengan sumbangan efektif sebesar 46,30 %; (2) Terdapat pengaruh antara rasa tanggung jawab dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (4,147) > ttabel (1,960) dengan sumbangan efektif sebesar 31,66 %; (3) Tidak terdapat pengaruh antara pola belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (1,525) < ttabel (1,960) dengan sumbangan efektif sebesar 19,75 %; dan (4) Terdapat pengaruh antara interaksi sosial, rasa tanggung jawab, dan pola belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung (749,503) > Ftabel (2,78) dengan kontribusi sebesar 97,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, rasa tanggung jawab, pola belajar siswa, prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Feb 2011 08:14
Last Modified: 17 Feb 2011 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10435

Actions (login required)

View Item View Item