ANALISIS PEMBERIAN KREDIT TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN PENGUSAHA KECIL (Survey Pada Nasabah PD. BPR- BKK se-Kabupaten Rembang)

HARTININGSIH, DWI (2007) ANALISIS PEMBERIAN KREDIT TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN PENGUSAHA KECIL (Survey Pada Nasabah PD. BPR- BKK se-Kabupaten Rembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
BAB_II,_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV_&_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

yang diberikan oleh PD.BPR-BKK se-Kabupaten Rembang terhadap tingkat keuntungan para pengusaha kecil di wilayah Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan besarnya pemberian kredit sebagai variabel independen (X) dan tingkat keuntungan sebagai variabel dependen (Y). Populasi penelitian adalah seluruh pengusaha kecil dengan berbagai bidang usaha yang mendapat bantuan fasilitas modal kerja dari PD.BPRBKK Kabupaten Rembang yang sudah menjalankan usahanya minimal 1 tahun yaitu sejumlah 440 pengusaha kecil dari tahun 2002 dan masih aktif terdaftar hingga Desember 2006. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode pengambilan sampel secara kebetulan (Accidental Sampling). Metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian analisis uji independent sample t-test. Dari hasil analisis diperoleh bahwa terjadi perbedaan tingkat keuntunagn antara nasabah yang menggunakan modal pribadi dan dari kredit dalam menjalankan usahanya, terbukti dari ahsil analisis bahwa thitung (-3,422) > ttabel (1,980). Berdasarkan rata-rata responden dapat diketahui bahwa sebelum adanya pemberian kredit mempunyai persepsi yang lebih rendah daripada sesudah pemberian kredit yaitu sebesar 89545,45 sebelum adanya pemberian kredit dan 270250,00 sesudah adanya pemberian kredit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kredit, keuntungan pengusaha kecil
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Feb 2011 05:53
Last Modified: 17 Feb 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item