HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP LANSIA DALAM MENGATASI KEKAMBUHAN PENYAKIT REUMATIK DI POSYANDU LANSIA KELURAHAN KARANGASEM KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA

Purnomo, Joko (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP LANSIA DALAM MENGATASI KEKAMBUHAN PENYAKIT REUMATIK DI POSYANDU LANSIA KELURAHAN KARANGASEM KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210060078.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
J210060078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Reumatik merupakan suatu penyakit yang menyerang sendi. Dimana salah satu penyakit yang dialami lansia adalah penyakit pada sendi. Hal ini terjadi karena gangguan metabolisme dalam tubuh. Prevalensi nyeri reumatik di Indonesia mencapai 23,6% hingga 31,3%. Hasil studi pendahuluan, yang diperoleh dari petugas kesehatan bahwa terdapat 42 lansia yang mengeluh kaki dan pinggang mengalmi pegal – pegal, nyeri sendi dan otot sehabis melakukan aktivitas.Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap lansia dalam mengatasi kekambuhan penyakit reumatik di Posyandu Lansia kelurahan karangasem Kecamatan Laweyan kota Surakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian Diskriptif Korelatif (non-eksperimental) yang menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Penelitian dilaksanakan di Posyandu Lansia Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dengan sampel 36 lanjut usia. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Instrumen penelitian adalah Koesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik korelasi Produck Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan dari 36 lansia, tingkat penetahuan lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Kota Surakarta sebagian besar adalah sedang ( 50 %), sedangkan sikap lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Kota Surakarta sebagian besar baik (78 % ). Hasil pengujian korelasi Product Moment menunjukkan r = 0,701, dengan p= 0,000 sehingga disimpulkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap lansia dalam mengatasi kekambuhan penyakit reumatik di Posyandu Lansia kelurahan karangasem Kecamatan Laweyan kota Surakarta. Dibutuhkan tingkat pengetahuan yang tinggi untuk menjaga kesehatan lansia dan sikap yang baik agar dapat mengatasi kekambuhan penyakit reumatik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada Petugas kesehatan di Posyandu lansia hendaknya meningkatkan pengetahuan lansia tentang cara pencegahan kekambuhan penyakit reumatik dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada lansia tentang cara pencegahan kekambuhan penyakit reumatik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reumatik, lansia, pengetahuan, sikap, posyandu
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 16 Feb 2011 10:10
Last Modified: 16 Feb 2011 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item