PENGARUH HIPNOTERAPI TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR FEMUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT ORTOPEDI SURAKARTA

Astari, Rizqi Yulida (2010) PENGARUH HIPNOTERAPI TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR FEMUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT ORTOPEDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210060030.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
J210060030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rasa nyeri setelah pembedahan biasanya membuat pasien merasa sangat kesakitan. Salah satu nyeri yang dirasakan pasien adalah dari pembedahan fraktur fremur. Pelaksanaan management nyeri non-farmakologi untuk mengurangi rasa nyeri dengan cara hipnoterapi, dimana salah satu manfaat dari hipnoterapi adalah mengurangi rasa nyeri. Berdasarkan studi pendahuluan, di RS Orthopedi Surakarta terdapat 437 kasus untuk fraktur femur selama 1 tahun, dimana penatalaksaan pasien dengan pemberian analgesik. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pemberian hipnoterapi terhadap penurunan nyeri pasien post operasi fraktur femur di Ruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit Ortopedi Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, rancangan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest design. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling yaitu teknik purposive sampling dan diperoleh 27 responden dari 93 jumlah populasi yang ada. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dalam bentuk Skala Nyeri Numerik menurut Agency for Health Care Policy and Research (AHCPR). Hasil penelitian karakteristik responden menunjukkan mayoritas responden berusia antara 21-30 tahun sebanyak 12 responden, 25 responden laki-laki, 9 responden berpendidikan SMP, 16 responden bekerja di sektor swasta, responden yang mengalami fraktur 1 kali sebanyak 22 responden. Hasil uji tingkat nyeri sebelum dilakukan hipoterapi menunjukkan 23 responden dengan nyeri sedang, 4 responden dengan nyeri hebat. Setelah diberi hipnoterapi, menunjukkan 24 responden dengen nyeri ringan dan 3 responden dengan nyeri sedang. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan p-value = 0,001, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh hipnoterapi terhadap penurunan nyeri pada pasien post operasi fraktur femur di ruang rawat inap bedah Rumah Sakit Orthopedi Surakarta. Bagi rumah sakit diharapkan untuk dapat menggunakan metode hipnoterapi sebagai salah satu alternatif terapi guna penurunan nyeri pasien pasca operasi selain penggunaan analgesic.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hipnoterapi, penurunan nyeri, fraktur femur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 16 Feb 2011 10:02
Last Modified: 16 Feb 2011 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item