PERBEDAAN KINERJA PADA GURU TETAP DENGAN GURU TIDAK TETAP DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SUKOHARJO

Utami, Dessy Prihatiningtyas Raharjanti Susilo (2010) PERBEDAAN KINERJA PADA GURU TETAP DENGAN GURU TIDAK TETAP DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100060099.pdf

Download (109kB)
[img] PDF
F100060099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kinerja merupakan hasil yang dicapai individu menurut ukuran yang berlaku untuk pekerjaan yang bersangkutan. Kinerja dalam hal ini ukurannya tidak dapat disamakan dengan semua orang, akan tetapi lebih merupakan hasil yang dicapai oleh seseorang menurut ukuran yang berlaku sesuai dengan pekerjaan yang ditekuninya. Sasaran yang menjadi objek penilaian kinerja adalah kecakapan, kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas yang di evaluasi dengan menggunakan tolok ukur tertentu secara objektif dan dilakukan secara berkala. Ada 2 faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja individu yaitu : faktor dari diri sendiri dan faktor dari luar individu. Faktor dari dalam meliputi segi fisik individu (bentuk tubuh, taraf kesehatan fisik, dan kemampuan pancaindera. Sedangkan segi psikis individu meliputi (intelegensi, bakat, minat, kepribadian, usia, pendidikan, dan motivasi). Sedangkan faktor dari luar invidu antara lain faktor lingkungan kerja dan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja pada guru tetap dan guru tidak tetap di Sekolah Dasar Negeri. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan yang signifikan antara kinerja guru tetap dengan guru tidak tetap di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sukoharjo. Penelitian dilaksanakan dengan mengambil populasi di Sekolah Dasar Negeri yang berada di kecamatan Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Area Probability Purpossive Random Sampling. Subjek sebanyak 80 orang dengan perincian 40 guru tetap dan 40 guru tidak tetap. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rerata guru tetap sebesar 172,35 sedangkan guru tidak tetap sebesar 161,63. Dan rerata hipotetik sebesar 129,5. Hasil ini berarti kinerja guru tetap dan guru tidak tetap tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar 3,186 dengan (p < 0,01). Hasil ini berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara guru tetap dengan guru tidak tetap di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Guru tetap, Guru tidak tetap.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 16 Feb 2011 09:32
Last Modified: 16 Feb 2011 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10399

Actions (login required)

View Item View Item