Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Salma Karya Fadia Faqir: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementansinya Sebagai Bahan Ajarsastra Di Sma

Andayani, Siti and , Dr. Miftakhul Huda, S.Pd.,M.Pd (2020) Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Salma Karya Fadia Faqir: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementansinya Sebagai Bahan Ajarsastra Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (938kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
H. DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel Salma karya Fadia Faqir, (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel Salma karya Fadia Faqir, (3) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Sumber data yang diperoleh dari novel Salma karya Fadia Faqir yang berjumlah 320 halaman.Teknik penhumpulan data menggunakan teknik pustaka, teknik simak dan catat.Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode semiotik, dengan teknik membaca heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah: alur yang digunakan dalam novel Salma karya Fadia Faqir ini adalah maju (progresif). Tokoh yang dihadirkan dalam novel ini adalah Salma, Hamdan, Parvin, Max, Ibu guru Nailah, John, suster Khairyya dan pak Salim.Latar tempat dalam novel ini yaitu desa Hima, Swan Cottage, Exeter dan Penjara.Latar waktu dalam novel ini yaitu pada pagi hari, sore hari dan malam hari. Analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Salma karya Fadia Faqir dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra ditemukan adanya (1) konflik mendekat-mendekat, (2) mendekat-menjauh, (3) menjauh-menjauh. Adapun faktor-faktor penyebab konflik batin yaitu, (1) teori agresi, (2) teori kehilangan, (3) teori kepribadian, (4) teori kognif, (5) teori ketidakberdayaan dan (6) teori perilaku. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa novel Salma karya Fadia Faqir layak digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA kelas XII, KD. 3.4. Dari segi bahasa, perkembangan psikologi, dan latar belakang budaya , novel ini cocok untuk dijadikan bahan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: struktur pembangun novel, konflik batin, pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PO Indonesia Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: SITI ANDAYANI
Date Deposited: 13 Aug 2022 07:30
Last Modified: 13 Aug 2022 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/103977

Actions (login required)

View Item View Item