PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN KAKI DIABETIK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

Suryati, Astri (2010) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN KAKI DIABETIK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
J210060083.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
J210060083.PDF

Download (127kB)

Abstract

Komplikasi-komplikasi diabetes melitus sering menyebabkan terjadinya luka kaki diabetik, perawatan kaki secara dini pada penderita diabetes melitus penting sekali untuk mencegah kerusakan lebih lanjut yang dapat mengakibatkan amputasi, salah satunya yaitu dengan melakukan perawatan kaki diabetik secara rutin. Berdasarkan studi pendahuluan, hasil survey dan wawancara yang telah peneliti lakukan terhadap 20 penderita diabetes melitus di Puskesmas Kartasura, 16 diantaranya menunjukkan kurangnya pengetahuan tentang perawatan kaki diabetik. Sebagian penderita diabetes melitus juga mengatakan belum pernah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang perawatan kaki diabetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan kaki diabetik terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pasien diabetes melitus di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment dengan rancangan Pretest-Posttest With Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah penderita diabetes melitus di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo yaitu sebesar 70 responden, yang terdiri dari 35 penderita sebagai kelompok eksperimen, dan 35 penderita sebagai kelompok kontrol. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Kolmogorov-smirnov dan Marginal Homogenity Test. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) pre test pengetahuan responden kelompok eksperimen rata-rata adalah cukup dan post test pengetahuan kelompok eksperimen rata-rata baik, (2) pre test sikap responden kelompok eksperimen rata-rata adalah cukup dan post test sikap kelompok eksperimen rata-rata baik, (3) pre test dan post test pengetahuan kelompok kontrol rata-rata adalah cukup, (4) pre test dan post test sikap kelompok kontrol rata-rata adalah cukup, (5) Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan kaki diabetik terhadap pengetahuan pasien diabetes melitus di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo (p-value = 0,049), (6) Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan kaki diabetik terhadap sikap pasien diabetes melitus di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo (p-value = 0,020). Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, Perawatan Kaki Diabetik, Pengetahuan, Sikap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, Perawatan Kaki Diabetik, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Feb 2011 09:20
Last Modified: 16 Feb 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item