HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT LEPRA DENGAN SIKAP PENDERITA LEPRA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN LEPRA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GATAK

Dhita, Sarwega Hanin (2010) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT LEPRA DENGAN SIKAP PENDERITA LEPRA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN LEPRA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GATAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal.depan.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
J210060002.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka +lamp.)
dapus+lampiran.pdf

Download (634kB)
[img] PDF (Full texs)
J210060002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit lepra di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Jumlah kasus baru yang ditemukan tiap tahunnya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut disebabkan oleh rantai penularan dari keluarga yang sudah mengidap lepra terhadap anggota keluarga mereka. Pengetahuan penderita lepra tentang penyakit lepra rata- rata cukup (80%) berdasarkan hasil post test pendidikan kesehatan pada tahun 2009 akan tetapi upaya pencegahan penularan penyakit lepra masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang penyakit lepra dengan sikap penderita lepra dalam upaya pencegahan penularan lepra di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak. Jenis dan rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita lepra di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak yang sedang dalam masa tunas berjumlah 24. Teknik sampling menggunakan total sampling sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel yaitu sejumlah 24 responden. Analisis statistik yang digunakan adalah uji statistik Spearman Rank dengan nilai kepercayaan α = 0,05. Berdasarkan penelitian ini diketahui hasil bahwa nilai uji Spearman Rank tentang hubungan antara pengetahuan tentang penyakit lepra dengan sikap penderita lepra dalam upaya pencegahan penularan lepra adalah -0,151 lebih besar dari nilai  0,05. Maka Ho diterima atau Ha ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang penyakit lepra dengan sikap penderita lepra dalam upaya pencegahan penularan lepra di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Upaya Pencegahan Penularan, Lepra
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 16 Feb 2011 08:50
Last Modified: 01 Jul 2011 09:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item View Item