HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN TINDAKAN KEPERAWATAN TEKNIK RESTRAIN PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA

Permanasari, Nita (2010) HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN TINDAKAN KEPERAWATAN TEKNIK RESTRAIN PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210060059.PDF

Download (30kB)
[img] PDF
J210060059.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia prevalensi penderita skizofrenia di Indonesia adalah 0,3 sampai 1% dan biasa timbul pada usia sekitar 15 sampai 45 tahun . Namun, ada juga yang berusia 11 sampai 12 tahun sudah menderita skizofrenia . Apabila penduduk Indonesia sekitar 200 juta jiwa maka di perkirakan 2 juta jiwa menderita skizofrenia. Penyembuhan skizofrenia dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya adalah restrain. Restrain dalah alat Bantu atau tindakan pelindung untuk membatasi gerakan atau aktivitas fisik klien atau bagian tubuh. Keberhasilan teknik restrain sangat dipengaruhi oleh pengetahuan perawat terhadap teknik restrain tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan perawat dengan tindakan keperawatan teknik restrain pada pasien skizofrenia di rumah sakit jiwa surakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah perawat di rumah sakit jiwa Surakarta. Sampel penelitian sejumlah 30 perawat di rumah sakit jiwa Surakarta. Instrumen penelitian adalah kuesioner pengetahuan dan checklist tindakan keperawatan teknik restrain. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 Pengetahuan perawat sebagian besar dalam kategori tinggi, 2 tindakan keperawatan teknik restrain perawat sebagian besar melakukan tindakan keperawatan teknik restrain dengan baik, dan 3 terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat dengan tindakan keperawatan teknik restrain perawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Kata kunci: pengetahuan perawat, tindakan keperawatan, teknik restrain, skizofrenia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan perawat, tindakan keperawatan, teknik restrain, skizofrenia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 Feb 2011 10:12
Last Modified: 11 Feb 2011 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item